KOMPUTER GENERASI KE-4 (1970-1980-an)


posted by Sovie Putri Surya on ,

No comments

  • Generasi keempat bermula sejak tahun 1970. perkembangan yang pertama adalah Large Scale Integration (LSI). LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip.
  • LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. serta Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan inilah yang mendorong turunnya harga dan ukuran computer. Sehingga nampak lebih efisien dan efektif.
  • Perusahaan Intel pada tahun 1971 memperkenalkan mikrokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosesor dengan nama 4004. Chip Intel 4004 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit,memori,dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.
  • Dilanjutkan pada tahun 1972, Intel memperkenalkan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Mikrokomputer ini dibuat pada 1974 dan merupakan prosesor untuk tujuan umum pertama. Komputer-komputer generasi keempat diantaranya adalah IBM 370, Apple I dan Apple II, PDP-11, VisiCalc, dan Altair yang menggunakan prosesor Intel 8080.

Leave a Reply