KOMPUTER GENERASI PERTAMA (1944-1959)


posted by Sovie Putri Surya on ,

No comments


  • Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.
  • Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.
  • Tahun 1943, pihak Inggris (sekutu) menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman.
  • Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks.
  • Komputer ENIAC dirancang oleh John Presper Eckert tahun 1919-1995 dengan john W. Mauchly pada tahun 1907-1980. ENIAC terdiri dari 18.000 yabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder
  • komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) ditemukan oleh john von Neumann bekerjasama dengan Univercity of Pennsylvania pada pertengahan tahun 1940, computer tersebut dilengkapi dengan memori yang dapat menampung program dan data.
  • computer UNIVAC (Universal Automatic Computer) ditemukan oleh Remington Rand pada tahun 1951. computer ini memiliki lebih banyak kemajuan disbanding computer sebelumnya tetapi dianggap sangat tidak efisien bila dibandingkan dengan computer standar yang ada data ini.

Leave a Reply