MPTI di hari Senin pagi


posted by Sovie Putri Surya on

No comments

MPTI memiliki kepanjangan Manajemen Proyek Teknologi Informasi / Sistem Informasi. 

Hari pertama perkuliahan sudah dihadapkan dengan mata kuliah MPTI yang notabene memiliki 6 sks. Oh meeen!! Tapi tidak perlu takut, mari dengan bismillah menjalani mata kuliah ini dengan rajin.

MPTI di hari Senin pagi. Nah yang namanya pertemuan pertama, pasti isinya hanya perkenalan saja dan pembagian RP (Rencana Pembelajaran) dari mata kuliah tersebut. Yup, MPTI juga begitu. Diawali dengan dibukanya kuliah oleh Ibu Raras Tyasnurita, dosen yang baru pulang dari pendidikan S2 di Taiwan. Dosen baru bagi saya, baru diajar juga baru melihat pertama kalinya. Selain itu juga ada Pak Holil sebagai team teaching MPTI juga selain ibu Raras.

Mata kuliah ini diharapkan mampu menghasilkan seorang manajer yang bisa mengelola proyek IT. Nah arti dari seorang manajer sendiri adalah seseorang yang membuat rancangan proyek dan dikerjakan oleh tangan orang lain. Pak Holil juga mem-flashback materi di semester lalu tentang mata kuliah PIPL.

Agar lebih mengerti tujuan dari tentang mata kuliah ini, kami diberi tontonan sebuah video yang merupakan sebuah proses pengerjaan Proyek Palm Jumeira Island di Dubai. Di dalam pengerjaannya, semua rancangan ditata dengan matang dan tepat waktu. Dan dari proyek yang sangat besar ini memberikan kita pesan bahwa segala sesuatu itu tidak ada yang tidak mungkin, meskipun itu membuat sebuah pulau baru (artificial island) dengan bentuk yang unik dan rumit nan indah seperti pulau impian.

Jika dianalisa, proyek besar pada video itu memiliki manajemen proyek yang benar-benar matang. Dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengerjaan suatu proyek adalah Project Scope, Projeck Time, Project Cost, Project Human Resource, Project Communication, dan lain sebagainya. Wah banyak sekali yah, dan semua harus dirancang dengan sempurna untuk menghasilkan hasil yang sempurna.

Awal pertemuan yang cukup menarik untuk kemudian dijalani dengan berbagai tugas mungkin. hehehehe
Tetap semangat untuk menjalani mata kuliah ini untuk saya dan teman-teman ^_^



NB : Pertemuan-1 MPTI

Leave a Reply