Sejarah Windows


posted by Sovie Putri Surya on , ,

No comments

1975–1981: Microsoft boots up

Pada tahun 1970-an, Di tempat kerja kita hanya bergantung pada mesin ketik.  Untuk menyalin dokumensaja, kita cenderung menggunakan mimeograph atau carbon paper.  Walau pun telah mendengar sekilas tentang microcomputers, namun dua penggemar computer muda, Bill Gates dan Paul Allen melihat bahwa personal computing adalah jalan masa depan.
Tahun 1975, Gates dan Allen membentuk partnership yang disebut Microsoft. Seperti start-up kebanyakan, Microsoft memulai dari hal yang kecil tetapi memiliki sebuah huge vision. Selama tahun-tahun berikutnya, Microsoft mulai mengubah cara manusia bekerja di seluruh dunia.


1982–1985: Introducing Windows 1.0

Microsoft bekerja pada versi pertama dari sistem operasi baru. Interface Manager adalah code name  dan dianggap sebagai nama akhir, tetapi Windows berlaku karena paling menggambarkan kotak atau komputasi "windows" yang fundamental bagi sistem baru. Windows diumumkan pada tahun 1983, namun butuh waktu untuk berkembang. Skeptis menyebutnya "vaporware."
Pada tanggal 20 November, 1985 dua tahun setelah pengumuman awal, Microsoft meluncurkan Windows 1.0. Sekarang, daripada mengetik MS-DOS commands, Anda hanya memindahkan mouse untuk titik dan klik jalan Anda melalui layar, atau "windows." kata Bill Gates, " It is unique software designed for the serious PC user…”
Ada menu drop-down, scroll bar, ikon, dan kotak dialog yang membuat program lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan. Anda dapat beralih di antara beberapa program tanpa harus berhenti dan restart masing-masing. Windows 1.0 berlayar dengan beberapa program, termasuk manajemen file MS-DOS, Paint, Windows Writer, Notepad, Kalkulator, dan kalender, card file, dan jam untuk membantu Anda mengelola kegiatan sehari-hari. Bahkan ada game-Reversi.

1987–1992: Windows 2.0–2.11—More windows, more speed

Pada tanggal 9 Desember tahun 1987, Microsoft merilis Windows 2.0 dengan ikon desktop dan memori diperluas. Dengan dukungan grafis yang ditingkatkan, Anda sekarang bisa tumpang tindih jendela, mengontrol tata letak layar, dan shortcut menggunakan keyboard untuk mempercepat pekerjaan Anda. Beberapa pengembang perangkat lunak menulis program pertama mereka berbasis Windows untuk rilis ini. 

Windows 2.0
Windows 2.0 dirancang untuk prosesor Intel 286. Ketika prosesor Intel 386 dilepaskan, Windows/386 segera berikut untuk mengambil keuntungan dari kemampuan memperpanjang memori. Selanjutnya Windows rilis terus meningkatkan kecepatan, kehandalan, dankegunaan dari PC.

1990–1994: Windows 3.0–Windows NT—Getting the graphics

Pada tanggal 22 Mei 1990, Microsoft mengumumkan Windows 3.0, diikuti segera oleh Windows 3.1 pada tahun 1992. Secara bersama-sama, mereka menjual 10 juta kopi di 2 tahun pertama mereka, belum menjadikannya sistem operasi yang paling banyak digunakan Windows. Skala keberhasilan ini menyebabkan Microsoft untuk merevisi rencana sebelumnya. Memori Virtual meningkatkan grafis visual. Pada tahun 1990 Windows mulai terlihat seperti versi yang akan datang.
Windows sekarang memiliki kinerja yang jauh lebih baik, kemajuan grafis dengan 16 warna, dan ikon ditingkatkan. Sebuah gelombang baru 386 PC membantu meningkatkan popularitas Windows 3.0. Dengan dukungan penuh untuk prosesor Intel 386, program berjalan terasa lebih cepat. Program Manager, File Manager, dan Manager Cetak tiba di Windows 3.0.

Windows NT
Ketika Windows NT dirilis pada tanggal 27 Juli 1993, Microsoft telah memenuhi tonggak penting: penyelesaian proyek dimulai pada akhir 1980-an untuk membangun sebuah sistem operasi canggih yang baru dari awal. " Windows NT represents nothing less than a fundamental change in the way that companies can address their business computing requirements," kata Bill Gates saat merilis.
Tidak seperti Windows 3.1, Namun, Windows NT 3.1 adalah sistem operasi 32-bit, yang membuatnya menjadi platform bisnis strategis yang mendukung rekayasa high-end dan program ilmiah.

1995–2001: Windows 95—the PC comes of age (and don't forget the Internet)

Pada tanggal 24 Agustus 1995, Microsoft rilis Windows 95, menjual rekor 7 juta copy dalam lima minggu pertama. Ini adalah peluncuran yang paling dipublikasikan Microsoft yang pernah diambil. Iklan televisi fitur bernyanyi Rolling Stones "Start Me Up" atas gambar tombol Start yang baru. Press release sederhana mulai dari: " It’s here.”
Ini adalah era faks / modem, e-mail, dunia online yang baru, dan mempesona multimedia permainan dan perangkat lunak pendidikan. Windows 95 memiliki built-in mendukung Internet, jaringan dial-up, dan Plug baru dan kemampuan Play yang membuatnya mudah untuk menginstal hardware dan software. Sistem operasi 32-bit juga menawarkan peningkatan kemampuan multimedia, fitur canggih lebih untuk komputasi mobile, dan jaringan terpadu.

Catching the Internet wave
Pada awal 1990-an, teknologi orang dalam berbicara tentang jaringan-internet suatu jaringan yang memiliki kekuasaan untuk menghubungkan komputer di seluruh dunia. Pada tahun 1995, Bill Gates memberikan memo berjudul "The Internet Tidal Wave," dan menyatakan internet sebagai " e most important development since the advent of the PC. "



1998–2000: Windows 98, Windows 2000, Windows Me

Windows 98
Dirilis pada tanggal 25 Juni 1998, Windows 98 adalah versi pertama dari Windows yang dirancang khusus untuk konsumen. PC yang umum di tempat kerja dan rumah, dan kafe internet di mana Anda bisa online. Windows 98 digambarkan sebagai sebuah sistem operasi yang "Works Better, Plays Better."
Dengan Windows 98, Anda dapat menemukan informasi lebih mudah pada PC Anda dengan Internet. Perbaikan lainnya mencakup kemampuan untuk membuka dan menutup program lebih cepat, dan dukungan untuk membaca disk DVD dan perangkat universal serial bus (USB). Juga penampilan lain pertama adalah Quick Launch bar, yang memungkinkan Anda menjalankan program tanpa harus menelusuri menu Start atau mencari mereka di desktop.

Windows Me
Dirancang untuk digunakan di rumah, Windows Me menawarkan berbagai musik, video, dan perangkat tambahan dan home networking enhancements dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Penampilan Pertama: System Restore, sebuah fitur yang dapat memutar kembali konfigurasi perangkat lunak PC Anda ke tanggal atau waktu sebelum masalah terjadi. Windows Movie Maker menyediakan pengguna dengan alat untuk digital mengedit, menyimpan, dan berbagi video. Dan dengan Microsoft Windows Media Player 7 teknologi, Anda dapat menemukan, mengatur, dan memutar media digital.

Windows 2000 Professional
Lebih dari sekedar upgrade ke Windows NT Workstation 4.0, Windows 2000 Professional dirancang untuk menggantikan Windows 95, Windows 98, dan Windows NT Workstation 4.0 pada semua desktop bisnis dan laptop. Dibangun di atas dasar terbukti Windows NT Workstation 4.0 kode, Windows 2000 menambahkan peningkatan besar dalam keandalan, kemudahan penggunaan, kompatibilitas Internet, dan dukungan untuk komputasi mobile.
Di antara perbaikan lain, Windows 2000 Professional menyederhanakan instalasi hardware dengan menambahkan dukungan untuk berbagai perangkat keras Plug baru dan Play, termasuk jaringan maju dan produk nirkabel, perangkat USB, IEEE 1394 perangkat, dan perangkat inframerah.

2001–2005: Windows XP—Stable, usable, and fast

Pada tanggal 25 Oktober 2001, Windows XP dirilis dengan tampilan didesain ulang dan merasa bahwa itu berpusat pada kegunaan dan terpadu Bantuan dan Dukungan pusat layanan. Ini tersedia dalam 25 bahasa. Dari pertengahan 1970-an sampai peluncuran Windows XP, sekitar 1 milyar PC telah digunakan di seluruh dunia.
Untuk Microsoft, Windows XP akan menjadi salah satu produk terlaris di tahun-tahun mendatang. Dua-duanya cepat dan stabil. Menjelajahi menu taskbar, Start, dan Control Panel yang lebih intuitif.

2006–2008: Windows Vista—Smart on security

Windows Vista yang dirilis pada tahun 2006 dengan sistem keamanan terkuat. User Account Control membantu mencegah perangkat lunak yang berpotensi membahayakan dari pembuat perubahan pada komputer Anda. Pada Windows Vista Ultimate, BitLocker Drive Encryption memberikan perlindungan data yang lebih baik untuk komputer Anda, seperti penjualan laptop dan meningkatkan keamanan kebutuhan. Windows Vista juga dilengkapi perangkat tambahan ke Windows Media Player.

2009–Today: Windows 7 and counting...

Pada 2000-an, dunia nirkabel telah tiba. Ketika Windows 7 dirilis pada bulan Oktober 2009, mengalahkan laptop PC desktop dan itu umum untuk mendapatkan online di hotspot nirkabel publik seperti warung kopi. Jaringan nirkabel dapat dibuat di kantor atau di rumah.
Windows 7 termasuk banyak fitur, seperti cara-cara baru untuk bekerja dengan jendela-Snap, Peek, dan Shake. Windows Touch membuat debutnya, memungkinkan Anda untuk menggunakan jari-jari Anda untuk menelusuri web, flip melalui foto, dan membuka file dan folder. Anda dapat mengalirkan musik, video, dan foto dari PC ke stereo atau TV.

Leave a Reply