Data


posted by Redblack Ophie

No comments

Jaman sekarang yang paling mahal adalah apa? Sesuatu yang selalu dibutuhkan untuk membuka apapun. Yang katanya bebas pulsa, yang katanya free, yang katanya gratis, bisa diakses dimanapun dan kapanpun. Jawabannya adalah DATA.

Yang dibeli paket data, jadi ya bisa buka apa aja. Kalo paket data abis, atau lagi gak bisa konek, tiba2 hidup jadi sepi. Hahaha

Pertama kenal internet lewat HP ya jaman SMP. Duh kalo diinget-inget, harga data itu mahal banget. 25 ribu aja cuma dapet berapa MB. Dan itu sekali buka aja uda abis. Gila-gilaan deh dulu kalo mau internetan lewat HP. Jaman SMA juga gitu, mahal euy. Mungkin karena saya tinggal di daerah, yang dimana kekuatan sinyal dikuasai oleh satu operator. Kalo pake operator lain lemotnya minta ampun. Jadilah kira2 dalam sebulan pemakaian pulsa kira2 sekitar 300 ribuan per bulan. Hmmm.. mama, maafkan aku T.T

Jaman kuliah, saya mulai mengenal kekuatan sinyal operator lain karena saya kuliahnya di Jawa. Beeehh kalo dibandingkan dengan operator yang kemarin, hematnya bisa sampe 10 kali lipat kali ya. Dulu saya pernah pake operator yang menawarkan harga 35 ribu untuk akses data unlimited dalam sebulan. Secara kecepatan juga gak kalah dibanding yang kemaren. Jadilah saya mulai hemat dalam pengeluaran pulsa. Harga paket data semakin naik, tapi paling mentok 60 ribu lah untuk operator ini. Ditambah dengan banyaknya wifi gratis di Jawa. So much saving my money.

Lulus kuliah, pindah ke Jakarta. Kerja disana. Lebih banyak lagi pilihan operatornya. Saya punya satu HP utama yang berisi nomer HP saya yang tidak berubah sejak dulu. Karena kalau dunia kerja, kita butuh pulsa buat telpon jadi gak bisa ubah2 nomer lagi. Yang artinya, saya butuh HP lain khusus untuk bersosial media. Jiah. Nambah 1 lagi deh, seakan DATA menjadi kebutuhan primer kita. Ya sudah begitulah berjalan. Jadi untuk nomer utama tiap bulan 50rb, dan untuk paket data tiap bulan 50ribuan juga. Saya bisa hemat paket data karena di kost-an saya ada wifinya.

Jadi naiklah budget itu menjadi 100 ribu per bulan untuk pulsa. Dengan catatan bisa digunakan untuk telpon/sms dan data.

Nah sekitar 5 tahunan tinggal di Jawa + Jakarta, saya terbiasa dengan dana yang hemat untuk membeli paket data. Sepulang kembali ke tanah kelahiran, operator yang biasa saya pakai untuk internetan tu lemotnya gak ketulungan. Mengingat dunia maya sudah seperti dunia nyata yang seperti kita tidak bisa hidup tanpanya (APASIH!), jadi saya stres sendiri. Hanya satu operator yang bisa diandalkan disini, ya itu, yang dulu. Tapi harganya cuyyy, MAHAL.

Selama 3 bulanan, saya cukup sabar dengan kondisi internet saya yang lemot. Saya belum move on ke nomer HP saya yang lama untuk dipakai buat internetan juga. Dia hanya saya gunakan untuk telpon/sms, dan nomer tetap yang tidak pernah berubah.

Saya melihat adek saya yang internetnya lancar, tapi paket datanya itu harga 100rb, dan itu kuota bukan unlimited. Saya liat temen yang juga internetnya lancar, ya sama, pake paket data yang itu juga. Yah.. Mereka sudah terbiasa dengan tarif segitu. Nah saya? Paket inet lebih dari 50rb aja menurut saya mahal.

Akhirnya suatu hari temen saya kasih tau kalau dia pake kartu prabayar yang khusus buat DATA, yaitu 50rb per bulan + pajak 5rb. Langsung deh saya move on ke program prabayar itu, dan sampai sekarang masih saya pakai. Lebih mendingan dibanding operator sebelumnya. Haha

Alhamdulillah dalam sebulan cuma ngeluarin uang buat pulsa sebesar 50rb + 50rb + 5rb = 105rb. Hemat boook!

-------------------

Ini cuma tulisan iseng aja untuk ngisi waktu luang saya haha. Sekalian saya cerita kalau DATA itu sudah seperti kebutuhan primer dalam hidup saya. Pasti kamu juga kan? :D

Leave a Reply